Minggu, 28 November 2010

Cara Membuat Artikel Yang Baik

Cara Menciptakan Artikel Yang Baik – Aku sedang mengulang pelajaran SD nih, soalnya aku mau meningkatkan kemampuan ku dalam membuat artikel yang bagus, tidak hanya bagus menurutku tapi juga bagi yg membacanya. Dibawah ini aku tu;silkan beberapa tips cara membuat artikel yang baik, yang aku copy dari master blog disini

Suka membaca dan suka menulis sudah modal yang sangat bagus untuk menulis artikel yang bagus.Berdasar saya untuk mengembangkan ide menulisnya, bila itu di blog, lemparkan aja judul-judul yang menurut anda bagus, jadi jangan dulu menulis artikelnya, lalu simpan di draft.

Nanti kalau sudah ada waktu, baru masing-masing judul diisi dengan artikel atau postingan. Dengan demikian, ketika anda sedang dapat banyak buah fikiran, maka gagasan tersebut dapat ditampung dulu, masalah nulisnya kapan tak soal. Saya sendiri tidak terlalu tahu, definisi artikel yang baik dan benar. Menurut aku artikel yang baik dan benar yah bila dia jelas, padat, runtut, jelas thing-pointnya dan jika dibaca menarik. Itu aja.Ehm coba lihat-lihat artikel orang yang bagus-bagus, misalnya di:  http://goarticles.com

Setelah itu buatlah artikel yang banyak.

Gunakan blog menjadi latihan. Teruslah menulis. Lama-lama kan semakin bagus dan bagus. Jika mau lebih maksimal, buatlah newsletter atau email follow up berseri. Buat juga produk data sendiri. Dijamin deh kepandaian nulisnya naik banyak. Mengenai contoh artikel singkat yang betul dan menarik menurut saya ini lumayan: http://kerjakeras.com/cara-menemukan-ide-untuk-dipasarkan-di-internet-dalam-bentuk-ebook/

Menurut aku penulis artikel ada dua jenis. Ada yang seperti mengarang, jadi tulis judul, lalu langsung saja tulis isinya, sampai selesai.Efeknya bisa ngalor-ngidul dan melebar sana sini. Walaupun tak wajib juga, tergantung banyak eksperimen. Banyak juga orang yang menulis artikel dengan diversity mengarang ini yang tulisannya juga enak, rancak dan detail. Tetapi, ada kind kedua, mereka memakai kerangka karangan, jadi sudah dipersiapkan, object-object yang akan dibahas apa, judulnya apa, penutupannya kira-kira apa. Yah kemungkinan nggak sedetail itu, tapi paling tidak item-pointnya biasanya pasti ada.

Nah, baru kemudian ia mulai menulis. Nah gaya mana yang paling cocok? yah kita sendiri yang tentukan, kalau aku multiplicity yang wahid, aku juga suka bila ada outlinenya, tetapi kebanyakan mengalir aja. Intinya: lakukan yang banyak. Dengan menulis banyak kita akan menemukan gaya terbaik yang kita bisa . Semua orang bisa menulis dengan baik, there is a writter inside us. Bahkan ada buku: "Awaken The Writter Within!"

Kemudian….. Jika anda sudah belajar mengenai bagaimana menentukan BIDANG yang ingin anda masuki di bisnis on the net, sekarang kita akan BELAJAR bagaimana mencari IDE yang dapat anda jadikan sebuah produk informasi berupa tutorial atau ebook. Kita tahu bahwa barang informasi banyak dijual di Internet malah adalah produk yang paling Perfect untuk dijual di Internet.Tetapi persoalannya, menggali IDE produk yang akan anda JUAL itu nggak mudah? Benarkah? Ya, bila anda nggak tahu rahasianya.

Kemudian bagaimana jalan mencari Gagasan apa yang akan anda jual di Internet ? Ada banyak cara. Gampang dikerjakan, asal mau mengupayakan aja.

1. Pada dasarnya orang di Internet untuk berkomunikasi dan menemukan data tertentu. Jadi, dimana kita bisa mencari IDE? yaitu dengan memantau langsung apa yang dicari orang di search engine kepada 1 waktu tertentu. Aku senang menggunakan ini: https://adwords.google.com/chosen/KeywordToolExternal

Itu adalah tool free of charge punya Google untuk menggali kata kunci apa saja yang dicari orang dibulan sebelumnya. Pilihlah bahasa Indonesia, negara Indonesia, dan masukkan kata kunci utama yang anda ingin ketahui kata kunci apa saja dari kata kunci utama yang banyak dicari orang. pada roles, tambahkan tulisan/huruf yang ada, lalu klik "Get Keywords Idea", maka kemudian anda akan menemukan kata kunci apa saja yang digunakan orang berkaitan dengan kata kunci yang anda cari tersebut.

Dengan mengetahui hal ini, anda bisa melihat kira-kira apa yang orang ingin ketahui dengan menambah kata kunci-kata kunci tersebut.

2. Metode mencari Gagasan kedua   : adalah dengan berangkat ke Yahoo answers. Ini alamatnya: http://id.answers.yahoo.com/ Disana anda bisa memantau ada banyak sekali pertanyaan yang ditanyakan setiap harinya. Dengan mengetahui pertanyaan mereka, terutama pertanyaan yang seringkali diulang-ulang anda akan bisa mengambil sebuah kesimpulan bahwa topik tertentu banyak dicari orang. Atau banyak orang mempunyai masalah masalah sesuatu.

Dengan mengetahui masalah mereka anda dapat menyediakan produk/solusi/panduan yang bisa menjawab masalah mereka. Ingat yah, bahwa tugas kita di internet adalah mencari tentang yang belum terpecahkan di bidang yang kita masuki, lalu kita sediakan solusi atau jawaban atas soal mereka, berupa panduan/ebook/bagaimana cara. Dan Yahoo answers memberikan pertanyaan-pertanyaan dari orang asli dengan masalah yang asli.

3. Metode mencari Gagasan ketiga :Dengan meneliti dan meniru produk apa yang sudah laku di pasaran. Anda bisa melihatnya di iklan baris, mailing list, di kamar dimana orang banyak mempromosikan produk, lihatlah produk apa yang dipromosikan dari minggu ke minggu, produk seperti apa yang laku keras saat ini di pasaran?

Pertanyaan yang bisa anda jawab adalah: Bisakah anda membuat produk yang sama, namun sedikit lebih baik? bagaimana anda bisa memberikan sesuatu yang berbeda dengan produk yang sudah ada di pasaran tersebut? Manfaat apa yang anda bisa tambahkan untuk membuat produk anda berbeda.Untuk sukses kita tidak wajib menggunakan IDE kita sendiri, melainkan sangat boleh, memodel IDE orang lain dengan memantau kenapa mereka sukses, apa yang mereka jual, bagaimana mereka membuatnya, apa kekurangannya dlsbnya.

Anda bisa menggunakan analisa SWOT, apa Sturdiness dari produk yang akan anda buat? Mungkin produk anda lebih jelas, komplit, detail, nyaman, panjang, menarik, dlsbnya.Exhaustion, apa kelemahan dari produk pesaing? apa kelemahan anda? bagaimana anda bisa mengatasi kelemahan anda? siapa yang bisa membantu anda menutupi kelemahan anda? Opportunity:

Kesempatannya seperti apa? berapa besar peluang yang ada dengan memasarkan macam produk yang sama dengan pesaing? Treat: apa ancaman yang ada jika anda membuat produk yang sama? apakah ada resikonya? pertimbangkan semua peluang dan seluruh ancamannya. Sesudah jelas dan anda bisa menganalisa dengan jelas, maka segera buat IDE anda sebagai sebuah produk, jika anda mengupayakan ke 3 langkah diatas dengan BAIK, saya teramat percaya anda akan keluar dengan sebuah produk pemenang.

4. Metode mencari Gagasan keempat :  Anda bisa bermain-main ke forum yang ada di Internet sesuai dengan bidang anda. Periksa pertanyaan-pertanyaan yang seringkali ditanyakan di forum itu, dari sana anda bisa mendapatkan IDE produk apa yang anda bisa buat.

5. Metode mencari Gagasan kelima  : Anda bisa menambang IDE dengan duduk dan baca-baca di toko buku favourite anda. Periksa jenis buku apa saja yang terus menerus laris. Periksa buku terlaris apa aja, dan dapatkah anda membuat satu buku/tips seperti itu? atau mungkin anda bisa bekerjasama dengan saudara/teman anda yang bisa membuatnya untuk anda? Lumayan kan sudah… berdasarkan aku anda tidak perlu tehnik banyak-banyak, yang penting adalah anda praktekkan.

2 komentar:

Komentar anda langsung tampil , jadi Mohon Komentar nya jangan Spam yah.... Trims