Senin, 11 Juli 2011

Bahaya Digigit Kelabang

Apakah Berbahaya Jika igigt Kelabang?

Dirumah saya,akhir2 ini sering asaya jumpai kelabang kecil keluar ke tempat terbuka:Di lantai.dinding,atap,di ruang tamu,kamar mandi,dll. Saya pun mencari infromasi apakah Kelabang (Centipede in English ) ini sangat berbahaya jika kita kena gigit? . Setelah mencari disana-sini, akhirnya saya mengumpulkan informasi bahaya kelabang , dan mempubolishnya untuk anda, dan juga referensi online saya.

Bahaya sengatan Kelabang


sebenarnya kelabang  atau Lipan menyengat atau mengeluarkan racun bukan dengan kakinya tapi dari sungut di bagian belakang tubuhnya, dan dia akan menyengat jika kondisi terancam. contohnya jika kita ingin menginjak atau menindihnya dengan kaki.
racunnya spt lebah, jika tersengat akan membuat sakit dan merah disekelliling bekas tempat gigitannya bisa juga membuat badan menjadi demam jika kelabang yg menggigit cukup besar.
cara terbaik untuk membunuh kelabang adalah dengan racun serangga atau insektisida, contohnya obat semprot anti nyamuk dan kecoa.
sedangkan daun pandan dan garam saya blm punya pengalaman menggunakannya.
garam sangat ampuh untuk membunuh lintah dan pacet.

Dimana Kelabang Suka Bersembunyi

kelabang adalah hewan nocturnal atau aktif di malam hari.
habitatnya di tempat lembab, kamar mandi dan selokan contohya. sering dijumpai kelabang keluar dari lubang kloset. biasanya di pintu kamar mandi yang terbuat dari kayu yg sudah lapuk sering dijumpai kelabang. ataupun saat banjir kelabang akan keluar dari persembunyiannya di lubang selokan.
saya pernah melihat
1. kelabang jatuh dari indoor unit AC (Air Conditioner) di dalam ruang kelas kursus. anda mungkin tidak percaya tapi banyak yang menyaksikannya termasuk saya.
2. di tempat tidur, jatuh dari atap ataupun menyelinap di balik sarung bantal
3. di bawah pot tanaman
4. di balik karpet
5. di lubang kloset atau di kamar mandi dan selokan

Tips menghindari sengatan kelabang


1. jangan tidur di lantai ataupun menaruh bantal dan guling di lantai, alasannya kelabang secara tidak sengaja akan menyelinap di balik bantal guling atau bagian tubuh kita. ketika kita bergerak maka kelabang akan merasa terancam sehingga akan menyengat kita.
2. semprotkan racun serangga anti nyamuk dan kecoa di sudut-sudut ruangan atau lubang yang dicurigai menjadi tempat persembunyian atau tempat yang sering dilalui kelabang. alasannya jika obat semprot di semprotkan ke sudut ruangan maka sudut ruangan tsb akan dibasahi oleh obat semprot cair tsb sehingga ketika kelabang melintas maka akan mati terkena racun serangga tsb.
3. gunakan racun serangga merk baygon karena kelabang lebih cepat mati (pengalaman saya secara tidak sengaja pernah menggunakan merk hit kelabang tidak mati). ini bukan promosi ya.
4. bisa juga menggunakan kapur ajaib, tetapi saya blm pernah melihat kelabang mati karena kapur ajaib kecuali kecoa dan semut akan cepat mati terkena kapur ajaib.
5. menjaga kebersihan lingkungan dan ruangan dalam rumah khususnya. rutin membersihkan kolong tempat tidur, sudut ruangan dan karpet.
6. jika anda memiliki pot tanaman di rumah anda, periksalah bagian bawah pot tanaman yang sering menjadi rumah bagi kelabang.
7. tutup lubang di sudut ruangan atau sela-sela keramik lantai yang berpotensi menjadi tempat persembunyian kelabang.
8. Jika tersengat kelabang lebih baik konsultasi ke klinik untuk menjaga hal2x yang tidak diinginkan, apalagi jika kelabang tsb besar.
semoga tipsnya membantu.

Demikian yang dapat saya sarikan tentang bahaya gigitan Kelabang

Sumber artikel Kelabang

6 komentar:

  1. hiks.. :(
    serem ya..
    rumahq banyak bgt bayi kelabang.... apalagi abis pindahan rumah.. perabot msh byk yg berantakan.

    BalasHapus
  2. Makasih banyak yah buat tips yang bermanpaat.

    BalasHapus
  3. info yg bermanfaat, td malam ada kelabang mlipir dipinggir kasur.anakku.. waktu mau aku semprot udh ga ada..paginya aku bongkar kasur,,eh udah ga ada,, jadinya kasih warning ke anak,,"jgn tidur dikamar dl,, tidur dikamar ibu aja :)

    BalasHapus
  4. terimakasih atas infonya....di jepang banyak kelabang, terutama pada musim panas

    BalasHapus

Komentar anda langsung tampil , jadi Mohon Komentar nya jangan Spam yah.... Trims