Rabu, 23 Maret 2011

Mengapa Akun Twitter Itu Penting

Meskipun saya bukan pengguna kelas berat twitter yang selalu aktif ngetweet menggunakan UberTwitter 24 jam dalam sehari, saya yakin bahwa di era social dan real time ini memiliki akun twitter itu penting. Pada post sebelumnya saya sudah membahas bahwa tiap media sosial memiliki karakternya masing-masing. Pada post kali ini, saya akan membahas lebih dalam mengenai twitter.


Hal paling pertama dan saya rasa yang paling penting mengenai twitter adalah fungsi sosialnya yang mulai berubah. Akun twitter bukan lagi sekedar akun. Akun twitter adalah identitas. Tahun 2008 zamannya saya mulai ngeblog, seorang blogger akan menautkan suatu tautan ke blog personal seseorang jika ia ingin memberi tahu pembacanya mengenai seseorang. Sekarang blogger relatif lebih memilih menautkan tautannya ke username twitter yang bersangkutan.


Lebih mudah memberitahu akun twitter daripada URL blog. Memberi tahu alamat blog masih perlu menyebutkan http:// atau www. dan Top Level Domain sementara memberitahu username twitter tinggal menyebutkan @username.Mengapa tidak akun facebook yang menjadi identitas? Karena ribet, informasinya lebih personal dan tidak semua orang tahu bahwa facebook bisa dibuat simple username.Buktinya? Dari pemimpin dunia, selebritis hingga acara televisi punya akun twitter. Dengan memiliki akun twitter, anda memiliki saluran komunikasi secara langsung dengan banyak orang, termasuk expert di industri anda – meskipun belum berlaku di semua industri dan semua hal sih. Well, saya tidak perlu menjelaskan lagi apa manfaatnya kan? 


Agak kontradiktif dengan post saya sebelumnya mengenai karakter-karakter media sosial, namun perlu dipahami lebih lanjut bahwa maksud dari kekurang-searchable-an twitter adalah pada konten yang sangat dibatasi oleh 140 karakternya. Ide anda yang tumpah ruah di twitter agak sulit dicari karena karakternya terbatas dan terpisah-pisah, berbeda dengan sebuah blog post. Tapi jika berbicara mengenai identitas, lain cerita. Twitter sudah sangat searchable.


Kita ambil satu contoh netizen yang cukup aktif. Oke, saya saja deh. Jika anda googling nama saya (Fikri Rasyid), hasil pencarian pertama muncul adalah blog personal saya yang beralamat persis seperti nama saya. Hasil pencarian kedua? Akun twitter saya. Lengkap dengan latest real time result mengenai Fikri Rasyid yang kebanyakan muncul dari tweet saya.


Poin pentingnya adalah twitter sudah menjadi semakin penting hari ini, terutama jika anda adalah orang yang menggunakan media sosial untuk memenuhi kebutuhan anda -seperti memberitahu dunia apa yang penting untuk anda dan membuat orang lain tahu apa kapabilitas anda- alih-alih sekedar membuang-buang waktu belaka. Jadi jika anda belum memiliki akun twitter, saya sarankan anda segera memilikinya.


View the original article here

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar anda langsung tampil , jadi Mohon Komentar nya jangan Spam yah.... Trims